Stadion Baru Atletico Madrid Jadi Calon Tuan Rumah Liga Champion 2019

Peluang stadion ini untuk dipilih UEFA sangat terbuka. Pasalnya, kini hanya ada satu pesaing mereka untuk mengambil posisi itu, yaitu Stadion Olimpiade di Baku, Azerbaijan. Lain halnya dengan calon stadion final Liga Europa, yang akan diperebutkan oleh tujuh stadion di seluruh benua Eropa.
Atletico Madrid memang kurang beruntung di final Liga Champions. Mereka sudah tiga kali menembus partai puncak, tetapi selalu gagal juara. Bahkan dua di antaranya terjadi pada tahun 2014 dan 2016. Banyak yang menyebut, setelah era ini, ATM bakal kesulitan mengulang sejarah serupa. Bukan cuma karena generasi emas mereka bakal habis. Keberadaan pelatih Diego Simeone yang bisa saja lenyap setelah tahun 2018 juga jadi salah satu faktor.
Namun, setidaknya Atletico Madrid merintis cara untuk juara, melalui jalur yang tak biasa. Siapa tahu dengan pengajuan Wanda Metropolitano sebagai tuan rumah Liga Champions 2019, keberuntungan bagi ATM bakal berubah. Wanda Metropolitano sendiri, akan beroperasi menggantikan Vicente Calderon sebagai stadion keramat Atletico, sejak musim 2017/2018 mendatang.

Pesaing satu-satunya Wanda Metropolitano adalah Stadion Olimpiade Azerbaijan di Baku. Dengan demikian, peluang saat ini masih 50:50. Namun, Atletico tentu berharap, jika stadion baru mereka terpilih, tim ini bisa bermain di kandang di partai puncak Liga Champions 2019, lantas merebut gelar juara yang harus ditunggu selama 45 tahun sejak 1974.
Sementara itu, untuk final Liga Europa 2019, persaingan lebih ketat. Pasalnya, ada tujuh stadion dari tujuh kota yang bertarung. Mulai dari Baku, Frankfurt, Glasgow, Istanbul, Stuttgart, Tbilisi, dan Sevilla. Sebagai catatan, UEFA hanya mempersilakan setiap federasi memiliki satu wakil. Artinya, antara Commerzbank-Arena (Frankfurt) dan Mercedes-Benz Arena (Stuttgart) harus ada yang mengalah.
Pengumuman UEFA terkait siapa tuan rumah kompetisi mereka sendiri akan berlangsung pada September 2017.
Berikut ini daftar lengkap calon kota tuan rumah kompetisi antar klub Eropa pada musim 2018/2019
Liga Champions
Baku, Azerbaijan (Stadion Olimpiade)
Madrid, Spanyol (Wanda Metropolitano)
Liga Europa
Baku, Azerbaijan (Stadion Olimpiade)
Frankfurt, Jerman (Commerzbank-Arena)
Glasgow, Skotlandia (Hampden Park)
Istanbul, Turki (Vodafone Arena)
Seville, Spanyol (Estadio Ramon Sanchez Pizjuan)
Stuttgart, Jerman (Mercedes-Benz Arena)
Tbilisi, Georgia (Dinamo Arena)
Piala Super Eropa
Astana, Kazakhstan (Astana Arena)
Belfast, Northern Ireland (Windsor Park)
Budapest, Hongaria (Stadion Albert Florian)
Gdansk, Polandia (Stadion Energa Gdansk)
Glasgow, Skotlandia (Hampden Park)
Haifa, Israel (Stadium Sammy Ofer)
Istanbul, Turki (Vodafone Arena)
Tirana, Albania (Stadion Qemal Stafa)
Toulouse, Prancis (Stadion de Toulouse)
Warsawa, Polandia (Stadion Narodowy)
Coliseum untuk Liga Champions Wanita

newenglandsportscountry.com pengeluaran sgp Sumber: Sidomi