FiFA Beri Sanksi Wales Terkait Pin Poppy

Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) melarang pemain dan para pendukung mengenakan pin poppy atau pin bunga warna merah dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2018 antara Wales melawan Serbia.
Tetapi larangan itu diabaikan, sehingga FIFA mengeluarkan sanksi untuk Wales.
Badan sepakbola dunia itu mengatakan, pin adalah simbol politik yang tidak boleh disematkan di kostum tim sepakbola, karena FIFA melarang semua simbol politik, agama, dan pesan-pesan komersial di baju timnas.
Terkait larangan dan sanksi tersebut, Asosiasi Sepakbola Wales (FAW), Rabu, melakukan investigasi terkait tuduhan para pendukungnya mengenakan pin poppy saat pertandingan berlangsung.
Tidak seperti Inggris dan Skotlandia, FAW sepakat melarang pemain dan suporter mengenakan pin bunga merah selama kualifikasi Piala Dunia melawan Serbia.
FIFA kini membuka proses kasus pelanggaran yang dilakukan Wales dan FAW dan akan mengungkapkan beberapa kejadian yang menjadi fokus investigasi.
Fokus investigasi FIFA adalah mengobservasi beberapa suporter yang mengenakan pin poppy, lalu petugas keamanan yang memegang bunga poppy di pintu keluar stadion, sebuah mosaik pin poppy yang dipertunjukkan penonton saat menyanyikan lagu kebangsaan, dan beberapa pendukung yang membentangkan spanduk bunga berwarna merah sebelum pertandingan dimulai.
FAW mengatakan, mereka dengan rendah hati menghormati peraturan FIFA, yang melarang membawa simbol-simbol politik, agama atau pesan komersial.
“Sebagai sebuah asosiasi, tentu kami kecewa dan terkejut dengan berita itu,” kata Kepala Eksekutif FAW, Jonathan Ford.
“Tujuan kami hanya untuk memberi penghormatan di hari Armistice, yang mana kami melakukan dengan cara yang benar dan tepat,” katanya.
Remembrance Sunday adalah hari puncak penghormatan terhadap jasa para veteran perang. Itu diperingati setiap hari Minggu kedua bulan November, pukul 11 siang waktu setempat.
Ketika Big Ben di London berdentang sebanyak 11 kali, saat itu juga di Hyde Park dilakukan penembakan meriam salvo dan dua menit hening di seluruh penjuru Inggris. Semua orang berhenti bekerja.
Ratu Inggris diikuti para pejabat kerajaan, perwakilan militer Inggris dan lainnya kemudian meletakkan karangan bunga poppy di Whitehall.
Asal usul bunga poppy dijadikan lambang Remembrance Sunday adalah ketika Perang Dunia I pecah di Eropa (Prancis), di mana-mana ditemukan banyak bunga poppy.
Kasus ini akan diserahkan ke Komite Disiplin FIFA untuk dievaluasi pada 9 Desember, sedangkan FAW memiliki hingga 29 November untuk merespons.

gusti/CAH
The Telegraph

newenglandsportscountry.com pengeluaran sgp Sumber: BeritaSatu