Sumbang Gol untuk Spanyol, Aduriz Ciptakan Rekor

Tak percuma pelatih Jolen Lopetegui memanggil Aritz Aduriz memperkuat Timnas Spanyol meski usianya tak muda lagi. Striker Athletic Bilbao itu menyumbang gol sekaligus menorehkan rekor saat Spanyol menundukkan Makedonia, 4-0, dalam kualifikasi Piala Dunia 2016, Sabtu (12/11) atau Minggu dini hari WIB.
Aduriz menjadi pemain tertua yang mencetak gol untuk Timnas Spanyol di ajang internasional. Dia mencetak gol saat usianya 35 tahun 275 hari. Mantan penyerang Valencia itu 50 hari lebih tua dari rekor sebelumnya yang dipegang Jose Maria Pena.
Aduriz memecahkan rekor yang sudah bertahan 86 tahun. Pena mengukir pencapaian itu pada 1930 saat mencetak gol ke gawang Portugal.
Striker kelahiran 11 Februari 1981 ini memang menjadi pemain paling tua dalam skuat Spanyol kali ini. Pemain lain yang tergolong senior dalam pasukan Lopetegui dalam kualifikasi Piala Dunia kali ini adalah kiper Pepe Reina. Penjaga gawang Napoli sekarang berusia 34 tahun.
Lopetegui memanggil Aduriz karena performanya yang mengesankan musim ini bersama Atheltic Bilbao. Dalam 10 pertandingan yang telah dimainkannya di La Liga pemain kelahiran San Sebastian ini telah mencetak lima gol. Namun performa paling hebat adalah ketika dia memborong lima gol ke gawang Genk di ajang Liga Europa, 3 November lalu.

Jaja Suteja/JAS
Goal

newenglandsportscountry.com www maindulu com Sumber: BeritaSatu