Hasil Pra Piala Dunia Terbaru: Ekuador vs Venezuela 3-0, Bertahan di Tiga Besar

Parade gol Arturo Mina, Miller Bolanos, dan Enner Valencia pada Rabu (16/11) menjadi kunci La Tricolor membenamkan tamunya di Estadio Olmpico Atahualpa. Sebaliknya bagi Venezuela, kekalahan telak ini membuat mereka kembali terjerembab di dasar klasemen, disalip Bolivia.
Ekuador total mengumpulkan 20 dari 36 poin yang tersedia di kualifikasi Piala Dunia 2018 sejauh ini. Mereka menjadi tim terdekat yang bisa mengganggu Brazil dan Uruguay. Yang terpenting, pasukan Gustavo Quinteros bisa berdiri sendiri untuk menjauhi kejaran tim-tim tangguh lain seperti Kolombia dan Argentina yang ada di bawah mereka. Sejak awal, Ekuador memang bukan lawan seimbang Venezuela meski penguasaan bola keduanya termasuk cukup beda tipis.

Sepanjang paruh pertama, Ekuador dibuat penasaran oleh Venezuela. Peluang terhambur, tetapi gawang Daniel Hernandez masih aman-aman saja. Skor tanpa gol berlanjut. Tetapi tuan rumah mengintip kelelahan tamu mereka yang dipaksa bermain di ketinggian lebih dari 2.800 meter di atas permukaan laut.
Efeknya memang baru terasa di paruh kedua. Enam menit setelah turun minum, Arturo Mina melesakkan gol perdana Ekuador menyambut umpan silang Miller Bolanos. Venezuela yang tertinggal sebenarnya bisa saja membalas. Tetapi ketidakberuntungan dan kelelahan bersatu-padu merontokkan mereka.

Peluang terbaik dari Luis Gonzales dihentikan oleh intervensi kiper tuan rumah, Esteban Dreer. Dan ketika fisik Venezuela terkuras, konsentrasi mereka sudah pudar, Ekuador memutuskan untuk membunuh pertandingan. Menit 83, Miller Bolanos menyelesaikan peluang dari kiriman Enner Valencia.
Dua menit berselang, Valencia yang sama menjebol gawang tim tamu untuk memastikan skor menjadi 3-0. Sebuah pencapaian apik setelah Ekuador dipukul Uruguay 2-1 pada Jumat lalu. Sekaligus membuktikan, mereka masih bernafsu ke Rusia. Sebaliknya, Venezuela dibanting ke titik nol lagi: dasar klasemen.
Gol: Arturo Mina 51, Miller Bolanos 83, Enner Valencia 86

newenglandsportscountry.com pengeluaran sgp Sumber: Sidomi