Piala Dunia 2026 Digelar di Amerika, Indonesia Tak Mungkin Jadi Tuan Rumah

FIFA tidak hanya memutuskan hal ini. Tetapi juga menyebut, negara-negara Asia (zona AFC) tidak mendapatkan hak tuan rumah untuk Piala Dunia tersebut. Termasuk di antaranya Indonesia. Sementara, negara-negara Eropa (zona UEFA) punya peluang dengan catatan khusus. Mengapa demikian?
Sistem yang digunakan untuk menentukan tuan rumah Piala Dunia adalah giliran tiap konfederasi. Piala Dunia 2010 digelar di Afrika Selatan, perwakilan zona CAF (Afrika). Empat tahun kemudian giliran Brazil yang menjadi penyelenggara Piala Dunia 2014. Mereka adalah perwakilan zona CONMEBOL. Giliran dilanjutkan untuk Piala Dunia 2018 di Rusia (perwakilan UEFA) dan Piala Dunia 2022 di Qatar (perwakilan AFC).
Hingga kini, FIFA belum menentukan siapa negara penyelenggara Piala Dunia 2026. Namun, jatah diberikan kepada negara-negara zona CONCACAF. Negara Asia, karena Qatar baru saja menjadi tuan rumah Piala Dunia sebelumnya (2022), tidak mungkin ditunjuk lagi. Hal itu bisa membuat Piala Dunia dalam dua edisi beruntun digelar di konfederasi yang sama. FIFA menghindari hal tersebut.
Lain cerita dengan negara-negara Eropa. Memang, Piala Dunia 2018 digelar di Rusia. Namun, FIFA membuka kemungkinan sebuah atau kumpulan negara Eropa bisa menyelenggarakan Piala Dunia 2026 dengan catatan. Yaitu, jika seluruh peserta yang mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia tersebut tidak memenuhi syarat.

Dikutip dari Marca, FIFA menyebut, (negara Eropa bisa menjadi tuan rumah) hanya jika tidak ada penawaran tuan rumah diterima memenuhi persyaratan teknis dan keuangan.
Lalu, negara mana dari CONCACAF yang mungkin mengajukan diri? Jawabannya adalah Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko yang siap menjadi tuan rumah bersama. Mereka mendapatkan sinyal dari FIFA, bahwa tuan rumah bersama diizinkan kali ini.
Jika FIFA kemudian mengabulkan sodoran tiga negara ini, maka akan ada sejarah baru di Piala Dunia. Pasalnya, satu-satunya Piala Dunia yang digelar dengan konsep tuan rumah bersama, adalah Piala Dunia 2002 di Jepang dan Korea Selatan. Kala itu cuma ada dua negara yang menyelenggarakan. Dan pada 2026, kemungkinan ada tiga negara yang jadi tuan rumah.

newenglandsportscountry.com www maindulu com Sumber: Sidomi