Konsorsium TPG lirik bisnis anak Hutchison

Solid Gold Sebuah konsorsium tertarik mencaplok Hutchison Global Communications Ltd (HGC), perusahaan jasa telekomunikasi telepon tetap (fixed line) yang merupakan anak usaha Hutchison Telecommunications Hong Kong Holdings Ltd. Sang pembeli terdiri dari TPG Capital Management LP, MBK MBK Partnes dan manajer investasi I Squared Capital Advisors LLC.

Lesunya bisnis layanan telepon tetap dan pengelolaan data, memaksa miliarder asal Hong Kong, Li Kashing menjual unit bisnisnya tersebut. Kabar penjualan Hutchison Global memang sudah santer terdengar sejak awal 2017.

Seperti diwartakan Reuters, Selasa (18/7), aset Hutchison tersebut diprediksi bernilai sekitar US$ 1,2 miliar hingga US$ 1,5 miliar. Sumber Reuters membisikkan, konsorsium kini telah mengajukan tawaran.

Sang sumber menambahkan, keputusan akhir atas divestasi Hutchison Global bakal diumumkan pada pekan ini. Sayang, sang sumber tidak merinci nilai transaksi yang disepakati kedua belah pihak, dengan alasan rencana tersebut belum dapat dipublikasikan secara terbuka.

Munculnya konsorsium menambah sengit persaingan akuisisi atas Hutchison Global. Sebab, CITIC Telecom International Holdings Ltd dari Hong Kong dikabarkan juga akan membuat keputusan serupa pada pekan ini.

Belum lagi pesaing lain, seperti perusahaan layanan broadband dan telekomunikasi HKBN Ltd dan SmartTone Telecommunications Holdings Ltd juga masuk peta persaingan. Meski kemudian keduanya memutuskan menarik tawaran dengan alasan valuasi saham serta kekhawatiran terjegal aturan anti monopoli jika mencaplok Hutchison Global.

Kinerja memburuk

Keputusan menjual Hutchison Global, seperti dijelaskan Li, merupakan langkah terakhir, pasca perusahaan tersebut mencetak penurunan kinerja. Bisnis layanan telepon tetap dan pengelolaan data di Hong Kong, meredup digantikan oleh pebisnis komputasi awan serta teknologi lainnya yang lebih modern.

Sebagai catatan, Hutchison Global hanya menyumbang porsi 3% terhadap total pendapatan sang Hutchison Holdings. Bloomberg melaporkan, kinerja Hutchison Telecommunications tahun 2016 merosot yang menyebabkan harga sahamnya terpangkas hingga 50%, dari level tertinggi yang pernah di capai pada Mei 2013.

Hutchison Global selama ini memberikan layanan bagi operator seluler, operator global, perusahaan multinasional, penyedia konten internet dan penyedia layanan aplikasi. Layanan Hutchison Global merambah Hong Kong, Amerika Serikat, Eropa, Timur Tengah dan Afrika serta melingkupi seluruh kawasan di Asia.

Perusahaan tersebut memiliki dan menjalankan jaringan serat optik yang luas. Plus empat rute lintas perbatasan yang terintegrasi dengan tiga operator telekomunikasi daratan China dan jaringan internasional lainnya.